Sunday 2 July 2017

FADHILAH DAN KEUTAMAAN SURAT YASIN

Fadhilah dan Keutamaan Surat Yasin 

Keutamaan Surat Yasin untuk umat muslim amat luar biasa, begitu pula khasiatnya. bahwa kita mencermati tentu sudah ketahui bahwa yasin ini menggambarkan tulisan ke - 36 yang dapat kita temukan di dalam al - qur’an dan juga terdapat dekat 83 ayat dalam Surat Yasin.

Surat Yasin ini menggambarkan salah satu Surat yang berarti dan juga terlebih lagi banyak yang mendefinisikan Surat Yasin ini bagaikan jantung al - qur’an. Surat Yasin diajarkan untuk dibaca pada malam jumat dan juga baik dibaca dikuburan.

Dalil - dalil hukum fadhilah dan juga keutamaan Surat Yasin
Nabi Muhammad saw bersabda :

مَنْ قَرَأَ يس فِيْ لَيْلَةٍ اِبْتِغَاءَ وَجْهِ اللهِ غُفِرَ لَهُ

“Barangsiapa yang membaca yasin pada malam hari dengan mengharap keridhaan Allah SWT, maka diampuni dosa - dosanya” (HR. At Thabrani/145, 418 dan juga AlBayhaqi/2360, 2361 dari Abu Hurairah,   (A-Darimi/3478 dari hasan, dishahihkan oleh Ibnu Hibban/2626)

Disamping itu, banyak hadits - hadits yang jadi landasan disyari’atkan membaca al - qur’an dikuburan, diantara hadist - hadist tersebut meski terdapat yang dha’if (hadits lemah, bukan palsu) ,

Namun secara totalitas menampilkan kalau membaca al - quran paling utama Surat Yasin di atas kuburan mempunyai landasan hukum dalam syara`. sebagian hadist dan juga perkataan ulama tersebut antara lain:

1. Hadits riwayat an - nasa`i, ibnu majah dan juga pula ibnu hibban:
اقرأوا يس على موتاكم
“bacalah tulisan yasin atas orang wafat kamu” (HR. nasa`i, ibnu majah dan juga ibnu hibban)

2. Hadits riwayat dari imam ahmad:
يس ثلث القرآن لا يقرؤها رجل يريد الله والدار الآخرة إلا غفر له فاقرؤوها على موتاكم

“Surat yasin merupakan sepertiga dari al - qur’an, tidak membacanya oleh seorang yang mengharap allah swt dan juga akhirat, kecuali di ampunkan menurutnya, hingga bacakanlah surah yasin diatas orang wafat kamu” (HR. Ahmad)

3. Komentar imam syafii (w. 204 h/820 meter) membaca al - quran di kuburan.

Imam syafi’i ra. berkomentar kalau sunnah hukumnya untuk orang yang berziarah kubur buat membaca ayat al - qur’an dan juga berdoa setelahnya di kuburan.

perihal ini pula disepakati oleh para ashab imam syafi’i sebagaimana imam nawawi menjelaskannya dalam kitab majmuk syarah muhazzab jilid 5 perihal 311 cet. dar fikr. murid senior imam asy - syafii, az - za`farany (w. 260 h) mengatakan:
سألت الشافعى رحمه الله عن قراءة عند القبر فقال لا بأس به
“saya sempat bertanya kepada imam syafi’i tentang membaca (al - qur’an) di samping kubur. dia menanggapi “tidak mengapa”.

Fadhilah dan juga keutamaan Surat Yasin yang pantas kita ketahui

Inilah fadhilah dari membaca Surat Yasin yang mampu memotivasi kita buat berulang dan juga melangsungkan hidup yang benar di jalur Allah SWT. berikut penjelasannya :

Bagi orang baik yang sudah meninggal dunia, saat teks Surat Yasin dibacakan didepannya, maka hal ini akan membuat ruhnya menemukan ketenangan di alam kubur.

Bagi jenazah didalam kubur, saat dibacakan Surat Yasin kepadanya, maka siksa terhadap si mayyit akan diringankan.

Perlindungan dari Allah SWT hendak hingga kepada kita dari malam sampai masuk waktu pagi jadi salah satu rahasia keutamaan membaca Surat yasin kala malam hari.

Fadhilah Surat Yasin yang harus kita tahu merupakan buat sesuatu kalangan yang lagi sakit ataupun pula terserang malapetaka, waktu dibacakan Surat Yasin padanya, hingga hendak lepas dari malapetaka, wabah dan juga pula penyakit.
Membaca Surat yasin pula menemukan perlindungan dari Allah SWT. untuk kita dari pagi sampai sore, bila membaca Surat Yasin di pagi harinya.

Bagi kita yang memiliki hajat, membaca Surat yasin membikin hajat kita dikabulkan oleh Allah SWT.
Bagi orang yang lagi berkecil hati dan juga sulit, Fadhilah membaca Surat Yasin ini diantaranya Allah SWT. akan menghilangkan kesedihan kita.
Fadhilah dan juga keutamaan Surat Yasin untuk orang yang lagi lapar kemudian membaca Surat Yasin, maka Allah SWT. akan kenyangkan mereka.

Untuk yang bahagia dan juga sukses membaca Surat yasin, terlebih lagi memahaminya dan dapat mengamalkannya, hingga salah satu khasiat dari Surat Yasin yang didapatkan oleh orang tersebut merupakan pendekatan diri dengan sang Khalik (Allah SWT).

Dikala seorang sudah amat dekat dengan Allah SWT, hingga tentu hendak jadi lebih gampang mensyukuri apa saja, mencapai bukti diri spiritual lebih besar, tidak terpengaruh lagi dengan perihal duniawi.

Tidak hanya itu, senantiasa berbuat kebaikan terhadap sesama dan juga makhluk hidup yang lain, tidak mudah menyesal dan juga menyerah dalam seluruh hal, dan senantiasa melaksanakan suatu tanpa pamrih dan juga dengan ikhlas.

Di dalam Al - Qur’an seluruh perintah merupakan supaya orang yang membaca dan juga mengertinya akan menjadi orang yang baik dan juga Al - Qur’an tidak mungkin mengarahkan orang buat berbuat jahat.

Surat yasin juga akan memberikan pengaruh baik terhadap pertumbuhan karakter kita. dengan membaca dan juga mengamalkannya, tidak cuma kita akan menjadi baik di mata Allah SWT. Tetapi juga di depan teman ataupun di golongan warga. seperti itu kenapa kita butuh mengetahui betul keutamaan Surat Yasin membaca pada malam jumat.

( sumber: webislami. com )
                                                                       


1 comment:

  1. Teman teman semua bila ingin mendapatkan audio surat yasin silahkan Download Surat Yasin gratis.

    ReplyDelete

JEJAK SEJARAH MURSYID THORIQOH AT-TIJANI SYEKH MUHAMMAD BIN YUSUF

  "Jejak Histori Syekh Muhammad bin Yusuf sukodono - Ampel Surabaya, abahny a KH Ubaid dan KH Zaid, salah satu pembawa Thoriqoh At-Tija...